REVOLUSI AMERIKA

REVOLUSI AMERIKA

Perang kemerdekaan Amerika meletus tahun 1774—1783. Kemènangan Amerika menyebabkan munculnya “declaration of independence” yang ismnya adalah “bahwa patung libertymanusia dilakukansama dan dengan hak-hak asasi, bahwa pemerintah dibentuk untuk merijamin hakhak itu mendapat kuasa dan rakyat, bahwa rakyat berhak mengganti suatu pemerintahan yang melanggar asas mi dengan pemerintahan lain yang Iebih sesuai dengan kehendak rakyar’.

Paham –Paham baru ini kemudian membuat rakyat insaf terhadap apa yang menjadi atau terjadi dalam kehidupan seharian mereka yang di jalankan oleh golongan-golongan atas.

LATAR BELAKANG REVOLUSI AMERIKA

Pada perkembangannya hampir selutuh wilayah amerika utara menjadi daerah kolonial inggris.Berkembang dan berdiri sendiri-sendiri.Namun,dalam beberapa hal mereka bekerja sama yaitu bidang perdagangan,pelayaran,produksi barang, dan pengadaan mata uang.

Ketegangan-ketegangan antara inggris dengan daerah-daerah koloni akhrirnya menjadi pemicu meletusnya perang kemerdekaan amerika.Adapun faktor utanma penyebab terjadinya perang kemerdekan amerika sebagai berikut:

  1. Timbulnya Paham Kebebasan Dalam Bidang Politik
  2. Timbulnya paham kebebasan dalam bidang perdagangan
  3. Dikeluarkannya undang-undang pajak yang ditentang oleh kaum koloni
  4. Peristiwa the boston tea party

PENGARUH REVOLUSI AMERIKA TERHADAP  BANGSA INDONESIA

DECLARATION OF INDEPENDENCE

Declaration of  independence mempunyai arti penting bagi umat manusia dan pemerintahan demokrasi.Penghormatan terhadap hak-hak asasi manusia dan pemerintahan rakyat kemudian diikuti oleh bangsa-bangsa lain.Dalam proses selanjutnya,kemudian lahir beberapa naskah yang berisi tentang hak asasi manusia,seperti

  1. Declaration des droits the I’homme et du citoyen (Pernyataan hak-hak manusia dan warga negara,1789), suatu naskah yang dicetuskan pada permulaan revolusi prancis sebagai perlawanan tarhadap kesewenangan dari rezim lama.
  2. Bill of right(Undang-undang hak),suatu naskah yang disusun oleh rakyat amerika pada tahun 1789 (sama tahunnya dengan deklarasi prancis),dan yang menjadi bagian dari undang-undang dasar pada tahun 1791.
  3. The four fredoms of F.D.Roosevelt.Rumusan ini dikemukakan oleh presiden amerika serikat,franklin d. roosevelt pada permulaan perang dunia II (tahun 1941).Hak-hak yang disebut oleh presiden roosevelt meliputi freedom of speech (Kebebasan untuk berbicara dan menyatakan pendapat), Freedom of region (Kebebasan beragama),Freedom from fear (Kebebasan dari ketakutan),dan Freedom from want (Kebebasan dari kemelaratan)
  4. Universal Declaration of human rights (Pernyataan sedunia tentang hak-hak manusia)1948 oleh negara-negara yang tergabung dalam Periserikatan bangsa-bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s