Optimasi Pemirsa Pada Facebook Pages

ABSTRAK

Salah satu media sosial saat ini yang sangat berkembang adalah Facebook. Dari muda sampai tua sudah banyak yang mengenal Facebook. Salah satu fasilitas yang ditawarkan Facebook, Inc adalah Facebook pages (Halaman facebook).

Facebook page banyak digunakan untuk individu, kelompok organisasi, instansi pemerintah, perusahaan dan sejenisnya dengan berbagai tujuan. Tujuan umum yang biasa menjadi motif menggunakan fasilitas ini adalah eksistensi pada khalayak umum. Dikarenakan mudahnya dalam membuat fasilitas ini berakibat menjamurnya Facebook page. Dari halaman facebook yang sepi pengunjung sampai yang paling ramai dikunjungi dengan mudah kita temui. Peran administrator sangatlah dibutuhkan untuk keberlangsungan halaman facebook itu menjadi sampah network atau tidak.


 

 

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Saat ini sudah banyak perusahaan, institusi, maupun organisasi yang sudah memanfaatkan internet sebagai media kosmunikasi. Perusahaan dari segala bidang bahkan artis memanfaatkan internet sebagai media komunikasi dengan tujuannya masing-masing, baik melalui sebuah website maupun iklan di internet.

Saat ini banyak sekali media di internet yang menawarkan fasilitas yang bisa kita gunakan sebagai media komunikasi. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Masing-masing menawarkan berbagai fasilitas miliknya untuk menarik penggunannya.

Salah satu dari sekian banyak media untuk berkomunikasi adalah Facebook. Salah satu fasilitas yang di tawarkan Facebook, Inc adalah Facebook Pages (Halaman Facebook). Berbeda dengan fungsi dasar facebook sebagai media pertemanan,Facebook pages berfungsi sebagai tempat perusahaan, organisasi, bahkan artis untuk melihat jumlah penggemarnya. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya “LIKE” yang didapat sebuah page di Facebook. Untuk mendapatkan like dibutuhkan pemirsa. Mendapatkan pemirsa adalah hal yang tidak mudah bagi seorang Administrator pages. Oleh karena itu adalah tugas yang tidak sembarangan orang bisa menjadi admin yang cerdas. Media sosial memakai teknologi berbasis web dan mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Sebuah kumpulan aplikasi berbasis internet yang dibuat berdasarkan pondasi ide dan teknologi dari Web 2.0, yang memungkinkan pembuatan dan pertukaran konten pengguna)”, (Kaplan, Andreas M., Michael Haenlein, 2010).

Gentle & Anne dalam bukunya “New Media : An Introduction” menjelaskan bahwa media sosial mempunyai sekurang-kurangnya lima faktor yang menjadi acuan sebuah media sosial yaitu daya jangkau, daya akses, daya pakai, daya kecepatan, dan daya simpan. Kelima faktor tersebut terkait erat dengan konsep dasar media sosial Halaman Facebook itu sendiri sebagai media sosial.

1.2  Rumusan Masalah

Dari latar belakang masalah yang telah disampaikan, rumusan masalah yang perlu ditelusuri lebih jauh yaitu :

  1. Bagaimana cara menjadi administrator page yang cerdas?
  2. Bangaimana cara yang efektif untuk mendapatkan pemirsa?

1.3  Tujuan Penelitian

  1. Memberikan informasi pada seorang admin, agar menjadi seorang administrator yang cerdas.
  2. Membuat kinerja page menjadi maksimal
  3. Mendapatkan banyak pemirsa page

1.4  Manfaat Penelitian

  1. Meningkatkan jumlah “LIKE” yang didapat facebook page tersebut
  2. Mendapatkan tolak ukur kinerja seorang administrator
  3. Mengetahui respon dari pemirsa tentang page bersangkutan

BAB II

METODE

2.1    Metode Penelitian

Metode penelitian yang gunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif karena bermaksud mengadakan pengujian. Metode Deskriptif menurut Jalaludin Rakhmat, M.Sc, dalam bukunya Metode Penelitian Komunikasi mengungkapkan : “Metode deskriptif bertujuan melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat.” (Rakhmat, 1992 : 22).

Langkah-langkah dalam pengumpulan data ilmiah adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan beberapa halaman facebook sebagai bahan contoh utama dari penelitian.
  2. Mengidentifikasi cara administrator dalam mengembangkan pemirsa.
  3. Melihat jumlah responden dari halaman facebook tersebut.
  4. Menganalisis hal-hal yang mempengaruhi maju atau tidaknya sebuah halaman facebook.

BAB III

PEMBAHASAN

3.1  Hasil Penelitian

Dari penelitian yang telah dilakukan. Data-data yang diperoleh dari beberapa sample halaman adalah sebagai berikut :

Nama Halaman

Jumlah “Like” Halaman

Jumlah Responden

Jumlah Rata-rata “Like” yang didapat sebuah status baru

Point Blank Indonesia

1.723.937

98.575

2000 like

JKT48

504.225

41.104

1000 like

Kabupaten Banyuwangi

1284

44

4 like

Stikom Banyuwangi

76

12

2 like

3.2  Diskusi Penelitian

Dari penelitian diatas, menunjukkan peran seorang administrator sangat diperlukan untuk membangun kemajuan sebuah halaman facebook. Seorang admin mempunyai tugasnya masing-masing.

Dari pembagian kewenangan tersebut, adalah salah satu cara yang biasa digunakan untuk pembagian tugas masing-masing. Beberapa cara lain yang sering digunakan seorang admin untuk mempromosikan halamannya sebagai berikut:

  1. Mengajak/mengundang teman-teman facebook untuk memberika “LiKE” pada halamannya
  2. Mempromosikan halaman melalui website tertentu
  3. Beriklan dengan Facebook Ads

Dalam dunia facebook, antara halaman satu dengan lainnya saling bersaing dalam mendapatkan pemirsanya. Dari hasil penelitian yang dilakukan, beberapa trik yang sering digunakan para admin agar mendapatkan pemirsa.

  1. Semakin sering seorang admin membuat konten, maka semakin banyak pemirsa yang melihat. Dan setiap pemirsa akan secara otomatis mengabarkan halaman tersebut pada teman-temannya melalui log aktifitas.
  2. Pembuatan konten yang dibuat secara menarik, sehingga memiliki nilai lebih bagi pemirsanya.
  3. Meninggalkan jejak link pada page lain juga akan semakin memperluas jangkauan orang yang melihat keberadaan page tersebut. Cara ini akan sedikit mengganggu page lain.
  4. Membuat sebuah quiz interaktif adalah salah satu cara saat ini yang cukup ampuh untuk menarik respon dari pemirsa.

3.3  Kesimpulan

Dari hasil penelitian dapat kita lihat bahwa keberhasilan sebuah page bisa dilihat dari berapa banyak jumlah “LIKE” yang didapat. Semakin banyak “like” yang didapat maka akan semakin luas jangkauan informasi page tersebut. Jumlah “like” pada halaman facebook tidak lepas dari peran administrator. Administrator yang cerdas dituntut untuk mempunyai ide-ide kreatif. Isi konten yang baik biasanya berisi dengan informasi yang disukai oleh pemirsa. Memberikan sebuah apresiasi pada pemirsa akan membuat seorang pemirsa dihargai.

Ucapan Terimakasih

Terimaksih saya ucapkan kepada Allah SWT, keluarga, dosen dan teman-teman yang sudah mendukung saya sehingga karya tulis ilmiah ini terselesaikan. Dan terimakasih atas semua saran yang telah diberikan.

 

Daftar Pustaka

https://id-id.facebook.com/about/pages

Gentle & Anne. 2010.New Media An Introduction

Kaplan, Andreas M., Michael Haenlein, 2010

Rakhmat, Jalaludin. 1993. Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: Remaja Rosda Karya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s